Amber Liu


nama : Amber Liu (Amber Josephine Liu)Tgl lahir / Tempat : jumat, 18 September 1992 / Los Angeles, California, USA
Jenis Kelamin : WanitaPekerjaan : Musisi
Usia : 25 TahunZodiak : Virgo

Biodata :

Amber Liu (Foto:Int)

Amber Liu adalah penyanyi, rapper, dan penari keturunan Taiwan yang lahir di Amerika, dan berkarier di Korea Selatan.

 

Dia merupakan salah satu anggota girl’s band “f(x)”  dibawah label musik SM Entertainment.Penampilanya tomboy dibanding dengan penyanyi girl’s band lainnya yang lebih feminim dan lembut.

 

Perjalanan karirnya di mulai saat ada audisi yang diadakan SM Entertainment di  Los Angeles pada tahun 2008, di mana ia dan seorang laki-laki terpilih magang di SM Entertainment. Setelah satu setengah tahun pelatihan, ia memulai debutnya di girlband baru “f(x)” pada September 2009, diberi label sebagai "Asia's Pop Dance Group".

 

Pada tanggal 1 September 2009, singel pertama f(x), "La Cha Ta"  dirilis secara digital. Mereka memulai debutnya pada 2 September di acara yang diadakan SM Entertainment sendiri di Samseong-dong Fashion Center. Pada 5 September 2009,”La Cha Ta” pertama kali di siarkan di TV secara  langsung pada acara musik “Munhwa Broadcasting Corporation Show! Music Core” .

 

Satu bulan setelah itu, mereka merilis album single pertama mereka Chu~♡, yang terdiri dari 3 lagu. Pada tanggal 4 Mei 2010, mereka akhirnya merilis album mini pertama mereka "Nu ABO". Amber fasih berbahasa Inggris dan juga sedikit menguasai berbahasa Korea dan Mandarin.

 

Amber Liu melakukan kolaborasi dengan girl’s band lain : “Girls' Generation (SNSD) yang sedang menyelenggarakan konser pertama mereka bertajuk “Into the New World” pada 19- 20 Desember 2009 di Seoul, Korea Selatan. Salah satu anggotanya, Yuri, berkolaborasi dengan Amber di lagu "1, 2 Step" dimana ia berperan sebagai rapper dan penari. Pada Juni 2010, SM Entertainment merilis video musik penyanyi Taiwan, Danson Tang yang berjudul "I'm Back", dimana Amber melakukan rap dalam bahasa Inggris dan bahasa Korea.

 

Kolaborasi berikutnya, ia, Luna dan Krystal Jung menyanyikan “Original Soundtrack ”  drama KBS “God of Study”, dengan judul lagu "Spread Its Wings". Pada 19-20 November 2011, saat “Super Junior” menggelar konser di korea Selatan bertajuk  “Super Show 4”, Amber berduet dengan Henry-Suju dalam membawakan lagu Justin Bieber yang berjudul ‘Baby”.

 

Lagu itu sudah di aransemen dan Amber menyanyikan di bagian rapnya. Kolaborasi lainnya,  Amber, Voctoria dan Sulli menampilkan lagu “Oops!” bersama Shindong, Donghae, Eunhyuk dan Leeteuk. Pada 17 Maret 2012, ia menjadi bintang tamu di “Immortal Song 2” mendukung teman satu label musiknya, Taemin dari SHINee membawakan lagu “Wrongful Meeting”, Taemin sebagai penyanyi vokal sedangkan Amber menyanyikan bagian rap.

 

Debut di layar kaca Amber  tampil di acara reality show “ Incincible Youth” musim ke -2 dimana sebelumnya, anggota “f(x)” lainnya, Victoria sudah ikut serta sejak musim ke 1.Tetapi akhirnya Amber meninggalkan “Invincible Youth” musim ke- 2 karena harus fokus ke karir bermusiknya terutama untuk menembus pasar Jepang.

 

 

Sumber : diolah dari wikipedia


Birthday Lainnya
Glenn Fredly
Sally Yeh
Hiroki Aiba
Ayumi Hamasaki
Sting