Ian Kasela


nama : Iandhika Mulya RamadanTgl lahir / Tempat : jumat, 17 September 1976 / Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Jenis Kelamin : PriaPekerjaan : Penyanyi dan pencipta lagu
Usia : 41 TahunZodiak : Virgo

Biodata :

Ian Kasela (Foto:Int)

Perjuangan Ian Kasela menjadi tenar seperti sekarang merupakan perjalanan yang panjang. Hanya berbekal kemampuan vokal, Ian pun hijrah ke Jakarta setelah lulus SMA tahun 1993, menyusul kakaknya, Moldy. Moldy tinggal di Jakarta sejak tahun 1990 dan menjadi additional player serta pengatur sound di grup musik terkenal saat itu, U Camp. Keberuntungan menghampiri Ian, U Camp membutuhkan backing vocal, dan Ian ditawari untuk mengisinya.

 

Setelah 3 tahun menjadi penyanyi latar, dan seorang produser melihat potensi suara Ian dan menawarinya untuk rekaman. Album pertama Ian, "Tak Mau Sendiri" berisi 10 lagu yang diproduseri oleh Metrotama Record beredar di pasaran. Sayang, karena kurangnya promosi, album ini tak seperti yang diharapkan. Tak patah semangat, setahun kemudian, tahun 1997, Ian masuk dapur rekaman kembali dan mengeluarkan album keduanya "Melayang", berisi 10 lagu yang diproduksi Gita Gemilang. Ian juga rekaman album kompilasi bertajuk "Cinta Negeri Serumpun" (1997) yang diproduksi Satria Kurnia Utama Record. Dalam salah satu lagunya, Ian duet dengan lady rocker era 80 an, Sylvia Saartje. Penjualan kedua album ini juga bernasib sama seperti album perdananya.

 

Ian memutuskan untuk jeda sejenak dari dapur rekaman, dan mengikuti Moldy bermain di kafe-kafe. Pada tahun 2001, Ian dan Moldy dengan mengajak serta Shuma dan Adit membentuk Radja pada 17 Maret 2001. Mereka rekaman album perdana bertajuk “Lepas Masa Lalu“ dengan hitsnya "Biar Aku Menjagamu". Sayangnya, album perdana Radja tak dapat didistribusikan dan dipormosikan secara maksimal, akibat masalah internal yang mendera Universal Music Indonesia, tempat Radja bernaung.

 

Pertengahan 2002, Shuma dan Adit memutuskan keluar dari Radja. Posisi mereka digantikan oleh Indra (bassist) dan Seno (drummer) sejak Mei 2003. Dengan formasi baru, mereka masuk dapur rekaman lagi. Album kedua bertajuk "Manusia Biasa" dengan lagu hits “Cinderella“ dan “Jujur" diproduksi Malta Music Indonesia. Album kedua Radja lagi-lagi tidak dapat diedarkan secara maksimal. Hal ini membuat Radja memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak kerja sama mereka yang saat itu berakhir pada tahun 2004.

 

Akhir tahun 2004, Radja bergabung dengan EMI Music Indonesia. Radja pun meluncurkan album repackage yang diberi judul “Langkah Baru“, berisikan lagu-lagu mereka di album sebelumnya ditambah dengan 3 buah lagu baru, pada awal tahun 2005. Tak dinyana album ini begitu meledak di pasaran dan meraih Golden Award untuk penjualan kaset di atas 75.000 kopi. Keberhasilan ini diikuti oleh keberhasilan album Radja berikutnya, "Aku Ada Karena Kau Ada" (2006), "1000 Bulan" (2006), "Untuk Semua" (2007).

 

Selain menyanyi, Ian juga pernah bermain dalam sebuah film televisi (FTV)

 

 

Sumber : Diolah dari Wikipedia


Birthday Lainnya
Yuna
Minami Minegishi
B.o.B
Frida Lyngstad
Diana Krall