Shabana Azmi


nama : Shabana AzmiTgl lahir / Tempat : Senin, 18 September 1950 / Hyderabad, Hyderabad State, India
Jenis Kelamin : WanitaPekerjaan : Aktris
Usia : 68 TahunZodiak : Virgo

Biodata :

Shabana Azmi (Foto:Int)

Shabana Azmi adalah seorang aktris film India , televisi dan teater. Ia alumni dari “Film and Television Institute India of India” di Pune. Ia juga membuat debut filmnya pada tahun 1974, dan segera menjadi salah satu aktris terkemuka di masanya.

 

Dinobatkan sebagai salah satu aktris terbaik di India, pertunjukan Azmi dalam film dalam berbagai genre umumnya mendapat pujian dan penghargaan, termasuk catatan lima Penghargaan dari “National Film Award” untuk kategori Aktris Terbaik dan beberapa penghargaan internasional seperti empat Penghargaan dari  “Filmfare Award”.

 

Azmi telah muncul dalam lebih dari 120 film Hindi di bioskop baik film utama maupun independen, dan sejak 1988 ia telah bergerak di proyek sosial asing. Selain akting, Azmi dikenal sebagai sosok sosial dan aktivis hak-hak perempuan, ia ditunjuk sebagai duta kehormatan PBB di “United Nations Population  Fund (UNPFA)”, dan anggota “Rajya Sabha”, majelis tinggi parlemen India. Ia menikah dengan penyair dan penulis skenario India Javed Akhtar.

 

Shabana Azmi lahir di keluarga Muslim. Ayahnya Kaifi Azmi (seorang penyair India), dan ibunya Shaukat Azmi (artis kawakan di “Indian People's Theatre Association”). Keduanya adalah anggota Partai Komunis India.

 

Kakaknya, Baba Azmi, adalah seorang sinematografri. Orangtuanya memiliki kehidupan sosial yang aktif. Pada awal masa kanak-kanak, lingkungan di rumahnya telah tertanam ke dalam dirinya untuk menghargai ikatan keluarga, nilai-nilai sosial dan manusia.

 

Azmi bersekolahnya di sekolah di “Queen Mary School”, Mumbai dan ia memperoleh gelar sarjana di bidang Psikologi dari “St Xavier’s College”, Mumbai.

 

Pendidikan filmnya didapat melalui kursus akting di  “Film and Television Institute of India (FTII)”, Pune. Alasan dia memutuskan untuk kursus akting  disebabkan terinspirasi waktu menonton Jaya Bhaduri dalam film  “Suman”, yang membuatnya terpesona dan kagum.

 

Dan saat itu ia berkata dalam dirinya, “Ya Tuhan, belajar akting di Institut Film  ini, saya bisa bermain seperti dia, itulah yang ingin saya lakukan.” Dan akhirnya Azmi keluar sebagai salah lulusan berpredikat terbaik di tahun 1972.

 

 

Sumber : Diolah dari wikipedia


Birthday Lainnya
Lee Donghae
Tanya Roberts
Yoon Son-ha
Tukul Arwana
Kim Ah-joong